Mengenal Macomedia Flash Part I

URAIAN MATERI

Macromedia Flash 8, merupakan software yang dirancang untuk membuat animasi berbasis vektor dengan hasil yang mempunyai ukuran yang kecil. Awalnya software ini memang diarahkan untuk membuat animasi atau aplikasi berbasis internet (online). Tetapi pada perkembangannya banyak digunakan untuk membuat animasi atau aplikasi yang bukan berbasis internet (offline). Dengan Actionscript 2.0 yang dibawanya, Flash 8 dapat digunakan untuk mengembangkan game atau bahan ajar seperti kuis atau simulasi. Contoh dari game atau bahan ajar dapat Anda lihat di www.e-dukasi.net atau pada Pesona Edukasi.
Dari pengalaman penulis menjadi juri di Lomba Pengembangan Bahan Ajar Interaktif untuk SMA yang diadakan oleh Depdiknas, banyak karya bagus yang dibuat oleh peserta (guru) dengan menggunakan software Flash 8.
Penggunaan Flash 8 untuk animasi atau pembuatan bahan ajar interaktif tidaklah sulit, tool- tool yang tersedia cukup mudah digunakan, beberapa template dan component juga sudah disediakan siap digunakan.

Dengan anggapan sotfware Flash 8 telah terinstal pada komputer yang Anda gunakan, berikut ini langkah awal untuk mengenal penggunaan Flash 8.

A.      Cara Membuka

Untuk membuka program Macromedia Flash 8 Anda dapat melakukan cara berikut:
·         Pilih Start > Program > Macromedia > Flash 8 Atau
·         Pilih Ikon Flash 8  pada dekstop (Layar monitor).

Beberapa saat akan muncul jendela dialog seperti berikut :


Pilih Create New > Flash Document untuk memulai membuat file baru. Pilih Open a Recent New > Open untuk membuka file flash.

B. Mengenal Jendela Dasar
1. Mengenal Menu Dasar
Berikut merupakan tampilan standar jendela kerja Flash 8, saat Anda memulai membuat file baru.


Jendela kerja flash 8 terdiri atas :

  • Menubar

Berisi kumpulan menu atau perintah-perintah yang digunakan dalam flash8.


  • Tool Bar
Toolbar merupakan panel berisi berbagai macam tool. tool-tool tersebut dikelompokkan menjadi empat kelompok : Tools : berisi tombol-tombol untuk membuat dan mengedit gambar, View : untuk mengatur tampilan layar kerja, Colors : Menentukan warna yang dipakai saat mengedit, Option: Alat bantu lain untuk mengedit gambar.



Posted by: Ilham imamudin Tutorial komputer Indonesia Updated at : 20:34

Post a Comment

Posted by: Ilham Imamudin
TKI Updated at: 20:34